Thursday, April 19, 2012

Tahap tahap menulis

Tahap tahap menulis


Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ),  menulis adalah membuat huruf (angka dsb) dng pena (pensil, kapur, dsb). Namun, saya yakin menulis lebih dari itu, menulis adalah tentang kreatifitas dan kepuasan hati. Kepuasan hati yang didasari oleh sebuah karya tulis yang berkualitas. 




Maksud berkualitas disini lebih kepada reaksi pembaca. Suatu tulisan yang membuat pembaca mengerti akan tujuan sebuah tulisan. Menulis adalah membangun. Membangun sebuah bangunan kokoh tapi tetap indah. Sama seperti membangun rumah, menulis juga didasari oleh beberapa tahap.


1. Tahap sebelum menulis (pra menulis). Dalam tahap ini yang diperlukan adalah desain, materi pembuatan dan jasa yang akan ikut membangun atau pekerja. Bagaimana nanti bentuk rumah yang akan jadi. Maksudnya adalah menentukan garis besar, kemudian lanjut ke topik dan diikuti oleh butiran butiran penjelasan atau yang dinamakan poin poin. Topik yang baik adalah topik yang mudah dimengerti, mempunyai batasan, menarik minat pembaca, dan pastinya harus dikuasai.


2. Tahap menulis. Tahap ini bisa dikatakan pengerjaan. Dalam tahap ini, butiran butiran hasil pemikiran topik tadi diperkaya menjadi sebuah tulisan. Usahakan menjelasakan semua pertanyaan topik mulai dari what, why, when, who, where dan how atau lebih dikenal sebagai 5W + 1H. Tambahkan dengan w lain seperti: which, whom, whose dll kalau memang memungkinkan.


3. Tahap sebelum menulis (pasca menulis). Ini adalah tahap revisi. Baca lagi karya sobat dari pertama sampai akhir. Bagian mana yang tidak sesuai rencana, dapur atau teraskah. Maksudnya adalah mengoreksi semua bagian dalam sebuah tulisan. Baik tanda baca, pilihan kata, keterpaduan paragraf, pengejaan. Kok kayak menyunting ya?? Memang, bedanya ini menyunting karya tulis sendiri. Setelah semua beres, saatnya masuk ke pemotongan pita merah alias publikasi. 


Semoga tahap tahap ini bisa membantu sobat semua dalam menulis.

Baca Juga

Tahap tahap menulis
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

August 3, 2013 at 5:14 PM delete

Jadi, tahu banyak nih sob tentang Belajar SEO, terimakasih banyak sudah mau berbagi sobat.

Reply
avatar