Monday, April 30, 2012

Cara kerja Google dalam PR

Akhirnya setelah blog walking lama, saya menemukan jawabannya. Tentunya akan saya share ke sobat semua. Sebelum saya memperkenalkan apa itu PR(Pagerank), saya akan menceritakan sebuah kisah. Kisah ini sangat perlu diketahui bagi anda semua, SEO mania.



Cara Kerja GOOGLE


1.Meta Tag
Google tidak pernah menceritakan mekanisme hasil pencarian di SERP, tapi ada banyak sumber yang mengatakan. Kali ini akan saya jelaskan dari pertama..

Dulu, Google dan Search Engine lainnya menggunakan meta tag untuk menampilkan hasil pencarian. Jadi, jika seseorang melakukan pencarian dengan keyword "musik" maka hasil yang keluar di SERP adalah website dengan meta tag keyword "musik". Tapi celah ini dimanfaat oleh sebagian orang, mereka mencantumkan meta tag yang banyak dicari oleh orang lain walaupun meta tag tersebut tidak relevan dengan konten yang ada dalam blog atau website itu sendiri. Allhasil, hasil pencarian di Google menjadi tidak relevan atau tidak sesuai. Hal ini tentunya berdampak pada kepercayaan konsumen dan reputasi Google sendiri sebagai SE terbesar.

2.BackLink

Akhirnya, untuk menanggulangi hal tersebut, Google merubah mekanismenya kepada "backlink theory". Google menjelaskan, jika sebuah alamat website banyak tertaut atau dimuat dalam website lain, berarti website tersebut bisa dikatakan berguna dan baik dimata SE. Tapi lagi lagi hal ini dimanfaatkaan sebagai ajang mencari backlink. Orang orang mulai melakukan spamming dengan cara meninggalkan link di kotak komentar maupun di website website penampung backlink secara banyak dan tidak wajar. Hal ini tentu didasari oleh mekanisme Google sendiri.

3.Pagerank

Kemudian Google kembali merubah sistem kerjanya dengan membuat sebuah sistem baru yang disebut PR system(PageRank system). PageRank itu semacam peringkat di mata Google. PageRank terdiri dari 1-10. Semakin banyak Pagerank semakin bagus pula web tersebut di mata Google. Maka, jika PR sebuah web adalah 10, itu sudah mencapai puncaknya atau dengan kata lain yang terbaik.

Banyak faktor yang mempengaruhi PageRank diantaranya adalah jumlah backlink, umur website dan keunikan konten atau dalam kata lain konten yang berbeda. 

Semakin banyak backlink dari web ber-PR tinggi, maka semakin bagus di Search Engine.
Mekanisme ini hampir sama dengan teori no 2 tentang backlink, perbedaanya disini adalah kualitas backlink. Kualitas backlink adalah backlink suatu website yang tertaut pada sebuah website berkualitas yaitu website yang ber-PR tinggi. Inilah alasan mengapa banyak orang yang mencari web dengan PR tinggi hanya untuk mentautkan backlink.

10000 backlink di PR 0 = 100 backlink di PR 1 = 1 backlink di PR 7.

Jadi, kesimpulannya hasil pencarian untuk web anda bergantung pada sebuah backlink berkualitas.

Baca Juga

Cara kerja Google dalam PR
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan