Monday, August 6, 2012

Cara Memilih Niche ( Topik ) Blog yang Baik

niche, blog
Sebelum mudik, ada baiknya sobat mengetahui arah dan tujuannya. Begitu juga dengan nge-blog, sebelum memulai blogging, ada baiknya sobat mengetahui dulu kemana arah blog sobat. Arah dan tujuan dalam blog disebut niche atau topik blog. Banyak sekali topik blog yang bisa sobat pilih:tips blogspot;tips seo;dll.

Yang kita bahas kali ini adalah bagaimana memilih niche atau topik website yang sesuai sehingga blog tidak berhenti atau bosan di tengah karir blog. Berikut beberapa faktor pertimbangan agar bisa memilih niche website secara tepat dan baik.

#1 Pilih Sesuai Minat, Bakat, dan Hobby
Salah satu cara paling ampuh dan terbaik yaitu memilih apa yang kita sukai. Niche yang dipilih berdasarkan keadaan pribadi. Misalnya hobby, minat, atau bakat sobat secara personal. Kalau sobat suka bermain futsal, maka niche sobat bisa:trik bermain futsal; taktik futsal dan lain lain. Dengan memilih niche berdasarkan kenyataan dan bakat, sobat tidak akan merasa bosan dan jenuh.

#2 Gunakan Keyword Tool
Satu cara tambahan untuk menentukan niche blog adalah dengan menggunakan tool atau jasa pencarian keyword. Dengan keyword tool, sobat bisa melihat keyword keyword yang sedang trend dan populer. Sobat juga bisa mengetahui keyword keyword yang paling banyak dicari. Beberapa jasa keyword yang bisa sobat pakai bisa dilihat di bawah ini:
#3 Pilih Niche yang Punya Prospek Tinggi
Syarat terbaik memilih niche adalah yang berprospek cerah tapi dengan kompetisi yang sedikit. Prospek disini yang dimaksud adalah yang banyak dicari di search engine. Tapi menemukan niche dengan syarat diatas, kemungkinannya sangat kecil. Biasanya niche yang mempunyai kompetisi yang tinggi adalah niche yang berprospek tinggi. Prospek berbanding lurus dengan kompetisi.

#4 Pilih Niche non-Musiman
Niche yang dipilih sebaiknya yang bukan musiman. Niche yang dipilih bukan niche yang hanya populer karena kondisi tertentu. 

Niche atau keyword adalah salah satu elemen penting dalam membangun sebuah blog. Membuat blog dan mempopulerkannya membutuhkan proses dan kesabaran. Membangun blog harus disertai dengan perencanaan yang matang.

Semoga artikel memilih niche ini bisa membantu sobat dalam membangun blog.

Baca Juga

Cara Memilih Niche ( Topik ) Blog yang Baik
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

6 komentar

September 14, 2012 at 6:52 PM delete

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Reply
avatar
June 24, 2014 at 10:45 PM delete

Menentukan Niche Blog yang tepat adalah langkah agar blog yang kita kelola sukses dan sesuai keinginan ya sob, selain itu tentu kita juga mengharapkan agar blog yang kita kelola laris manis dan mudah-mudahan itu Terwujud.

Reply
avatar
Anonymous
December 29, 2014 at 6:59 PM delete

Makasi gan artikelnya, kalo blog gado2 bisa gak ya buat menarik traffic pengunjung blog :)

Reply
avatar
March 17, 2015 at 11:13 AM delete

Manteeep sob untuk artikelnya, sangat membantu :)
http://apotekherbalkita.com/obat-tradisional-gagal-ginjal/

Reply
avatar
March 24, 2015 at 9:29 AM delete

Makasih agn untuk informasinya, sangat membantu :)
http://goo.gl/DEVsQv
http://goo.gl/CmS3mR

Reply
avatar
April 7, 2015 at 4:32 PM delete

Jasa pencarian keyword itu berapa biayanya min kira2? Kemudian itu berlangganan tahunan atau bulanan ya min? Website Gratis

Reply
avatar