Friday, August 10, 2012

Membangun Blog yang Matang, Bagaimana??

Membangun blog memang bukanlah perkara yang mudah. Dalam membangun blog, sobat dituntut untuk selalu tak bosan ketika menulis artikel. Dibutuhkan waktu, kerja keras dan kemauan yang kuat untuk bisa membangun dan merancang sebuah blog yang utuh. Tidak sampai disitu, sobat harus mengisi air ke dalam sebuah bendungan untuk memenuhinya. Sobat harus mengisi blog tersebut dengan artikel artikel sesuai dengan motif nge-blog. Berikut beberapa tips saat merancang sebuat blog.

#1 Pilah Pilih Alat
Maksudnya adalah CMS (Content Management System) atau platform yang digunakan untuk blog. Saat ini banyak sekali CMS yang tersedia. Blogspot, Wordpress dan Joomla adalah beberapa CMS gratis yang bisa digunakan.

#2 Pilah Pilih Lokasi
Maksudnya adalah domain atau tempat tinggal blog. Saat memilih domain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari harga hingga panjang umur domain. Domain yang paling direkomendasikan adalah .com. Dengan memilih .com, pengunjung melihat sobat bukan seorang blogger biasa, melainkan seorang blogger professional yang benar benar serius dan menggeluti dunia blog.

#3 Pilah Pilih Niche
Ada banyak sekali niche atau topik blog yang bisa dipilih. Salah satunya ya seperti blog ini, tentang tips trik blogspot dan seo. Berbagai cara bisa dilakukan untuk memilih niche. Yang pasti, sobat tak boleh mudah bosan dengannya.

#4 Pilah Pilih Tampilan
Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah masalah tampilan. Kenali niche terlebih dahulu, kemudian temukan tampilannya. Selanjutnya, sobat akan mengalami yang namanya gonta ganti tampilan. Kurangi hal tersebut. Seperti yang sudah saya katakan, pilih sesuai niche. (baca: situs penyedia template)

#5 Trafik,Uang..Konten
Sampai disini, jangan berfikir blog anda akan kebanjiran trafik dan anda akan kaya karena iklan yang anda pasang di blog. Pikirkan dulu konten. Sobat berhak memilih antara kualitas atau kuantitas konten. Selalu utamakan pembaca, bukan search engine. Well, blog = money..blog = content. Uang hanyalah sebagian kecil  efek positif dari blog anda. Ingat! Sebagian KECIL.

#6 Persiapkan diri
Internet bukan tempurung. Internet jauh lebih luas dari itu. Disana sobat akan menemukan hal hal yang tak lazim di dalam tempurung. Sobat harus terbiasa dengan copy paste. Sobat harus terbiasa dengan plagiat. Di internet, 2 akun online sama dengan 2 pribadi offline. Dan jangan lupa, sobat harus terbiasa dengan persaingan atau kompetisi.

Well, membangun blog memang bukan sebuah perkara yang mudah. Semoga artikel tentang cara perencanaan blog ini bisa membantu. Nice content = Nice Blog

Baca Juga

Membangun Blog yang Matang, Bagaimana??
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

2 komentar

August 12, 2012 at 8:06 PM delete

Mantef banget artikelnya abang..pokoknya aku salut bang.

Reply
avatar
September 17, 2012 at 1:30 PM delete

thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu...

Reply
avatar