Wednesday, July 4, 2012

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Nama Domain (+Beralih ke Costum Domain)

Domain sudah menjadi hal lumrah bagi seorang blogger. Mereka tak lagi panik saat harus mengeluarkan puluhan ribu rupiah per tahunnya. Semua berlomba agar blog mendapat nilai plus dari domain tersebut. Namun, menurut saya, blog adalah blog, tak peduli dan tak terganggu dengan domain maupun hosting.


Saat ini costum domain sangat beragam, mulai dari .net, .us, .tk hingga yang paling terkenal .com karena sifatnya yang menjual dan banyak digunakan (com = commercial :D). Pemasangan costum domain yang mudah dan cepat serta dianggap "terjangkau" ini pun menjadi faktor pendorong. Banyak blogger yang beralih ke costum domain untuk meningkatkan otoritas blog mereka. Namun, pemasangan costum domain pun bisa menimbulkan dampak untuk blog. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan costum domain. Keduanya saya coba rangkum dengan list di bawah ini:

#1 Pastikan Domain Mengandung Keyword.
Sebelum membuat blog, sobat harus memutuskan keyword blog yang akan dipakai nantinya. Cari keyword yang terjangkau untuk dicapai dan bisa dibilang lagi trend tapi dengan jumlah competitor sedikit mungkin. Setelah memutuskan keyword, sobat lanjut ke pemikiran domain. Domain harus mengandung keyword. Misalnya saya membuat sebuah blog dengan keyword "laptop gaming", jadi nanti di domain saya bisa seperti : www.laptop-gaming.com,www.laptopgaming.com, atau www.laptop-game.com. Di contoh url tadi kita bisa menemukan keyword dari isi blog tersebut. Jangan ulangi seperti saya. Tapi, kalau memang sobat merasa mampu membentuk blog tersebut dengan baik, silahkan saja menggunakan domain yang menurut sobat cocok. Misalnya nama sendiri atau lain lain.

#2 Pilah Pilih Domain.
Saat ini, costum domain sangat beragam, baik yang TLD ( Top Level Domain ) maupun subdomain. Contoh Top Level Domain adalah .com, .net, .biz, .me, .us, .org, .co.id, dan .tv. Selain itu masih ada domain domain gratis yang sobat bisa gunakan seperti .tk, .co.cc dan lain lain. Keberagaman inilah yang harus sobat pikirkan . Cari domain yang nantinya mudah diingat dan dilafalkan. Selain itu, domain domain TLD juga bisa meningkatkan otoritas blog di mata pengunjung karena pengunjung melihat .com lebih "hebat" dibanding yang lain. Kini, terserah sobat saja mau pilih yang mana.

#3 Panjang Domain.
Jumlah karakter dari domai juga harus diperhatikan, jangan sampai terlalu banyak sehingga menyulitkan pembaca untuk menulisnya. Menurut saya, yang paling bagus adalah 1 kata. Jika sobat menggunakan 2 kata,     maka terlihat cukup bagus. 3 kata menurut saya terlalu panjang. Gunakan kata kata domain sesuai dengan kebutuhan. misalnya : www.buatblog.com lebih bagus ketimbang www.caramembuatblog.com.

#4 Persiapkan Mental.
Ini saya peruntukkan bagi blogger yang membuat blog baru dengan isi posting baru dan memulai dari awal. Siap siap saja kehilangan pembaca. Salah satunya adalah penurunan hasil SERP, page index dan berdampak pada trafik blog itu sendiri. Saran saya, sobat sebaiknya memberitahukan blog yang baru melalui blog lama. Bisa di sidebar maupun sebagai headline. Poin ini bagi anda yang membentuk blog baru, bukan mengganti domain. Jika sobat menggunakan costum domain untuk blog blogspot, sebaiknya menggunakan fitur yang telah ada di blogspot. 

Banyak yang harus diketahui dulu sebelum menggunakan costum domain. Sobat sebaiknya mengecek apakah hal tersebut benar benar perlu sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari karena terikat oleh biaya yang haru sdikeluarkan setiap tahunnya. Itulah beberapa poin penting.harus sobat perhatikan. Dan yang terakhir, terus isi blog dengan posting yang berkualitas.


Happy Blogging

Baca Juga

Hal Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Nama Domain (+Beralih ke Costum Domain)
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan