Thursday, July 5, 2012

1 Kesalahan Fatal Penggunaan Gambar di Posting

Sebagian dari anda mungkin bingung kenapa saya tidak lagi menggunakan gambar sebagai penghias artikel, sebagian dari sobat mungkin juga tidak. 2 posting terakhir saya yaitu Apa yang Menarik Dari Blogging? dan Hal Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Nama Domain (+Beralih ke Costum Domain) sama sekali tidak menggunakan gambar. Namun di posting ini, saya "terpaksa" harus menggunakan gambar sebagai salah satu bagian tulisan dari artikel ini. Kenapa?? Gambar di sini saya maksudkan agar bisa mempertegas dan memperjelas tulisan ini sehingga saya harap ia bisa menjadi bukti sahih yang valid.

Saya punya pengalaman pahit sesaat setelah menulis artikel 15+ Situs Penyedia Template Blog Terbaik. Saya mereload homepage dari blog ini dan terkejut melihat lambannya loading. Saya berusaha mencari penyebabnya, mulai dari koneksi internet hingga kesalahan pada blog. Ternyata itu semua berawal dari artikel di atas. Blog ini melakukan request terhadap seluruh gambar, baik sebagai thumbnail hingga gambar yang sejatinya di request saat blog sedang dalam kondisi dibuka pada halaman posting, meskipun ada beberapa gambar yang tidak di tampilkan di homepage, namun blog saya tetap melakukan request. Akibatnya, blog ini menjadi super lambat. Bayangkan, ukuran blog mencapai 12 mb. Padahal sebelumnya hanya sekitar 1 mb. Ini wajar karena ukuran gambar pada 15+ Situs Penyedia Template Blog Terbaik bisa mencapai 800 kb. Berikut Screenshotnya..


Celakanya lagi, blog ini menggunakan recent comment yang mengambil 10 postingan terakhir, ini artinya saya harus menulis 10 posting terbaru tanpa gambar agar loading blog tetap terjaga. Tentunya posting posting selanjutnya akan saya usahakan meminimalisir penggunaan gambar dan tetap memiliki kualitas. Ini saya beritahukan agar sobat tidak mengulangi kesalahan fatal seperti ini. Selalu kompress ukuran gambar agar loading blog tidak lamban. Salah satu sarana favorit saya yaitu imageoptimizer.net, selain itu ada Yahoo smush it dan lain lain. Untuk gambar di atas, mungkin sobat bertanya kenapa hanya perlu waktu kurang dari 2 detik untuk meloading blog dengan ukuran 12 mb??Itu semua karena saya masih memiliki cookie di gambar ini sehingga loading blog bisa cepat. Posting ke depannya akan saya usahakan memiliki size yang kecil, ini juga saya maksudkan agar sobat tetap nyaman di blog ini..


Terima Kasih..

Baca Juga

1 Kesalahan Fatal Penggunaan Gambar di Posting
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

October 13, 2012 at 1:34 AM delete

pengalaman pahit yang menarik :)

Reply
avatar