Monday, May 28, 2012

5 Cara Ciptakan Blog Fast Loading

blog fast loading
Hampir setiap blogger bermasalah dengan kecepatan loading blognya. Ada yang terobsesi mengalahkan m-alwi.com, ada juga yang sedang gila mencari uang dengan iklan yang kemudian berdampak dengan loading blog sendiri. Peran kecepatan loading blog sebenarnya sangat penting, selain kenyamanan pengunjung, SEO, dan kredibilitas blog, Search Engine seperti google sangat memperhitungkan cepat lambat sebuah blog untuk setiap hasil SERP dan kualitas SEO blog tersebut. Selain memang konten yang fresh, PR dan Backlink dan faktor lainnya, sudah seharusnya sobat memperhitungkan kecepatan loading blog. Hal ini tentunya untuk trafik langit blog sobat sendiri. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mereduksi atau meminimalisir penggunaan bandwidth saat loading.

1. Javascript. Javascript hampir merupakan elemen sangat penting dalam blog. Mulai dari iklan, widget, serta elemen penting lainnya. Javascript memiliki kecendrungan pembacaan yang lebih lama, sehingga pastinya akan membuat blog sobat berat. Sudah seharusnya sobat mengurangi penggunaan javascript, namun bila memang harus atau wajib dipakai, masih ada satu solusi lain. Hosting javascript atau blog sobat di tempat lain. Sehingga bila javascript yang sobat gunakan adalah buatan atau kreasi orang lain yang banyak dipergunakan oleh blogger lainnya, tidak akan terjadi rebutan bandwidth. Kalau memang sudah dihosting, coba hosting kembali ke tempat sobat sendiri.

2. Gambar. Penggunaan gambar yang berlebihan juga bisa menyebabkan lambatnya loading blog. Sudah seharusnya sobat bisa mengurangi penggunaan gambar ini. Mulai dari background blog, widget maupun gambar yang termuat di dalam posting. Berbagai cara bisa sobat gunakan dari compress ukurannya atau memasang gambar yang benar benar di butuhkan. ( baca: cara cara optimasi gambar. )

3. Widget. Widget yang berlebihan sangat tidak membantu untuk urusan SEO dan Fast Loading. Saat ini, banyak blogger yang memasang widget yang kurang penting seperti widget lagu, kalender ataupun atau berbagai animasi flash lainnya. Hal ini tentunya bisa mengurangi kenyamanan pembaca yang berakhir pada trafik jurang.  Sobat harus bisa memasang widget yang benar benar diperlukan seperti untuk navigasi maupun untuk peningkatan trafik. Pemasangan widget tidak perlu ini hanya menambah beban  bandwidth pembaca. Hal ini tentu akan merugikan sobat apabila pembaca menggunakan layanan internet yang bergantung terhadap pemakaian kuota. Mereka akan berpikir 2 kali dalam mengakses.

4. CSS. CSS biasanya terletak di bagian atas. Inilah sebabnya elemen lain harus menunggu loading CSS dulu baru kemudian dilanjutkan dengan elemen tersebut. Fungsi CSS sangatlah penting untuk dekorasi blog selain gambar maupun widget. Tetapi sobat harus bisa menyesuaikan dan meminimalisir penggunaan CSS. Walaupun penting, penggunaan CSS yang berlebihan ataupun kurang padu pada saat eye catching bisa berdampak buruk pada trafik. Sobat harus cerdik mengutak atik CSS agar tidak mubazir. Misal pada bagian outer-wrapper backgroundnya warna putih, maka bagian main-wrapper tidak css background lagi karna posisi main-wrapper yang di atas sehingga otomatis background putih akan terlihat sebagai background dari main-wrapper. Hal ini berlaku jika background keduanya sama. Sobat harus cerdik melihat hal ini supaya CSS nanti bisa lebih optimal. Selain itu, sobat bisa juga mengoptimalkannya dengan CSS compressor atau dengan External CSS.

5. Post. Jumlah posting atau artikel sobat di halaman utama sebaiknya masih dalam jumlah rasional. Usahakan tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. 5-6 sudah cukup. Usahakan tidak lebih dari 7 posting. Sobat bisa mengaturnya di edit widget untuk posting. Disana sobat tinggal tentukan saja berapa jumlah posting yang dipilih untuk ditampilkan di homepage nantinya.

Untuk mengambil tindakan yang tepat, sobat harus mengetahui dulu bagian mana yang harus dioptimalkan. Sobat bisa cek di Speed Test. Setelah selesai, lihat bagian mana yang memerlukan waktu loading paling lama atau ukuran paling besar, javascript, gambar, widget, kah?? Ataupun semuanya..?? Langsung optimalkan dengan cara cara di atas.

Masih banyak lagi cara cara mempercepat loading blog, yang penting terus optimalkan dan belajar..

salam blogger..

3 komentar:

Pramudya SUGINO said...

blog blog dan blog optimalkah itu

cel mi said...

ok saya terapkan , makasi:.
www.manganog.blogspot.com

Aji Rio HErmawan said...

gan kalo cara meringankan blog dengan hostingkan gambar gimana cara nya

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...