Wednesday, August 1, 2012

Tips Trik Menjaga Keawetan Blog

Setelah lama gak update karena kesibukan dunia offline, kali ini saya akan coba membagikan beberapa tips dan trik untuk menjaga ketahanan dan keawetan blog. Yang kita bahas bukan trik trik di dunia online blog, melainkan sebaliknya, dunia offline. Yang kita bahas bukan faktor faktor teknis, melainkan sebaliknya, yap..anda benar, faktor nonteknis. Satu yang kita bahas adalah tentang penggunaan laptop dalam nge-blog atau blogging. Saya memilih laptop karena sifatnya fleksibel dan mudah dibawa. Seperti uang, salah satu syaratnya adalah sifatnya yang mudah dibawa dan disimpan. Saat ini laptop sudah sangat beragam motifnya. Gaming, desain, office working dan tak terkecuali blogging. Pebisnis kadang kala lebih memilih dunia online sebagai pasarnya karena kesempatan konversi yang menjadikan transaksi lebih besar. Hal ini menuntut mereka untuk selalu online dan menyediakan ruang, kesempatan dan waktu untuk konsumen yang perlu bantuan. Ini tentunya perlu laptop atau hardware yang tahan cuaca extrem dan mobile. Beberapa di antara mereka lebih memilih membeli dari pada mengoptimasi. Mereka percaya bahwa membeli lebih punya kesempatan bertahan lebih lama. Padahal, jika dioptimasi lebih baik, laptop hasil optimasi dan perawatan yang bisa bertahan lebih lama bahkan 2 kali lipat dari pada laptop baru. Berikut beberapa tips untuk menjaga laptop agar tahan lama :

#1 Overheat.
Salah satu masalah terbesar laptop adalah kelebihan panas atau overheat. Biasanya laptop langsung menampilkan blue screen untuk menghindari overheat. Hal ini bisa di sebabkan oleh kerja laptop seperti gaming ataupun process yang banyak. Untuk melihat process bisa di taks manager. Solusi paling elegan adalah gunakan laptop sesuai kebutuhan, misalnya laptop desain untuk desain, laptop gaming harus sudah punya spek yang tinggi, atau laptop untuk kebutuhan kerja dan cuma ngetik speknya tidak harus tinggi. Dengan ini sobat tidak harus kecewa di kemudian hari.

#2 Optimasi Software
Kendalikan software software yang sedang sobat jalankan, tutup software software yang tidak perlu. Perkecil startup sobat, hanya ambil software software yang sangat penting, misalnya antivirus. Tidak perlu khawatir, sobat bisa melakukannya hanya dalam sekali klik, yaitu dengan menggunakan software software utility yang bisa menangani pc terutama dalam performance. Satu rekomendasi saya adalah Tune Up Utilities, software ini termasuk software yang sangat komplit, sobat bisa bisa melakukan optimasi hanya dengan 1 klik( 1 Click Maintenace ). Selain itu sobat bisa memilih performance pc sobat, yaitu normal, turbo maupun power saver. Hal ini hampir sama dengan pengaturan yang sudah ada windows, tapi di Tune Up Utilities, sobat bisa memilih pilihan pilihan agar pemilihan performance lebih teroptimasi. Selain Tune Up Utilities, sobat bisa menggunakan Advanced System Care, didalamnya terdapat tool yang sangat berguna bagi gamer, yaitu Game Booster.

#3 Maksimalkan Ventilasi
Bila sobat lebih teliti, di 4 sudut bagian bawah laptop biasanya terdapat penyangga. Penyangga ini fungsinya agar ventilasi udara laptop bisa terjaga dan laptop dapat mengurangi panas.

edited by: me; source: mantugaul.wordpress.com
Penyangga ini harus di maksimalkan agar lubang lubang di bagian bawah laptop bisa di optimasi menjadi ventilasi bagi udara panas yang ada di dalam laptop. Inilah mengapa sobat harus menaruh laptop di permukaan yang keras, yaitu untuk tetap menjaga lubang lubang bawah laptop agar tidak tidak tertutup. Saya kasih contoh yaitu bantal. Sobat sedang menaruh laptop di atas bantal, bantal memang tertekan oleh penyangga laptop, tetapi ini mengakibatkan bantal mengembung di bagian tengah dan menutup ventilasi laptop sehingga laptop cepat panas. Pengembungan ini diakibatkan karena sifat bantal yang empuk. Selain bantal masih ada contoh lain seperti buku. Kalaupun menggunakan buku, sobat harus memilih buku yang memang bisa menahan laptop dan tidak menutup lubang ventilasi. Pilihlah buku dengan cover yang keras dan bisa mencapai keempat penyangga laptop. Kalau tidak, lubang ventilasi pasti tertutup.

#4 Finishing
Setelah memakai laptop, jangan langsung menutup layarnya. Hal ini akan mengakibatkan panas dari keyboard akan naik ke LCD. Tunggulah sekitar 10-15 menit atau sampai laptop benar benar dingin dan tidak terasa panas. Kalau keseringan, ini akan mengakibatkan LCD cepat rusak dan harus diganti.

Laptop adalah barang berharga, apabila diperlakukan asal asalan, laptop susah bertahan lama, tapi apabila diperlakukan dengan baik, laptop bisa lebih tahan dari apa yang anda pikirkan. Selamat blogging....

Baca Juga

Tips Trik Menjaga Keawetan Blog
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan