Saturday, March 30, 2013

Mengaktifkan Paragraf atau <p> di Blogger

paragraph.png Kalau sobat jeli, artikel dalam blog yang menggunakan blogger tidak terdapat paragraf atau tag <p>…</p>. Paragraf paragraf di blogger hanya di batasi menggunakan line break atau tag <br/>.Selain itu, kita juga bisa menggunakan enter untuk memasukkan paragraf baru.

Menurut saya, tag <p>…</p> sangat dibutuhkan, karena kita bisa memasukkan style ke dalamnya. Misalnya saja, margin-bottom. Kita bisa menyesuaikannya sesuka hati tanpa harus mengedit line break atau tag <br/>.

<p>…</p> juga membuat artikel tampak lebih rapi. Ya, ini memang pemaksaan untuk bisa jadi alasan saja…Laughing

Untuk sobat yang ingin menampilkan tag <p>…</p>. Ikuti cara di bawah ini :

Tag <p> Manual

Cara ini tergolong lama. Kita hanya bisa mengeditnya di post editor versi HTMLnya. Caranya sebagai berikut :

  1. Buat artikel menggunakan post editor versi compose.
  2. Setelah itu, beralihlah ke versi HTMLnya. Biasanya di samping tulisan compose.
  3. Kurung semua paragraf menggunakan tag <p>…</p>.
  4. Langsung klik publish.

Perhatian

Setelah mengurung semua paragraf dengan tag <p>…</p>. Jangan pernah melihat artikel dengan versi visual/compose. Hal itu akan menghilangkan tag <p>…</p> secara otomatis.

Tag <p>…</p> Otomatis

Agar tag paragraf terbentuk secara otomatis, kita bisa menggunakan Offline Blog Editor seperti Windows Live Writer. Di dalamnya sudah terdapat fitur seperti paragraf, heading 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan lainnya.

Ketika kita mengklasifikasikan sebuah paragraf, tag <p>…</p> akan terbentuk sendiri. Seperti di Word. Setiap sobat menekan enter, maka akan dihitung sebagai paragraf. Sebaliknya, kalau menekan tombol enter di post editor blogger, yang terbentuk hanyalah tag line break atau <br/>.

Kesimpulan

Menampilkan atau tidak menampilkan tag <p>…</p> sebagai penanda paragraf memang relatif dan opsional. Jadi, semuanya terserah sobat. Menampilkan atau tidak menampilkan tidak akan jadi masalah berat bagi blog dalam desain maupun SEO. Karena penggunaan hanya dapat dilihat jika halaman dalam versi source nya.

(gambar : Laurenmanning)

Baca Juga

Mengaktifkan Paragraf atau <p> di Blogger
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

March 18, 2016 at 5:59 PM delete

thanks kang jika berkenan kunjungi juga komputerpartner

Reply
avatar