Sunday, March 24, 2013

Cara Memperbanyak Komentar di Blog

Salah satu cara terjadinya interaksi adalah dengan komentar. Biasanya kolom komentar terdapat di bagian bawah postingan. Jumlah komentar bisa jadi penanda betapa populernya sebuah post. Dengan begitu, kita (empunya blog) bisa melihat artikel dengan niche apa yang harus diperbanyak. Lalu, bagaimana cara mencari komentar?

Komentar Itu Disengaja

Walaupun kita bisa mengomentari sebuah artikel dengan bot, pada hakikatnya itu tetap disengaja. Kesengajaan itulah yang harus dicari oleh blogger. Lalu, bagaimanana cara menimbulkan itu? Salah satu cara yang paling banyak digunakan yaitu dengan menimbulkan pertanyaan. Pertanyaan pertanyaan ini biasanya terdapat di akhir postingan. 

Contoh post yang menimbulkan pertanyaan adalah how to. Artikel dengan niche cara ini cara itu kerap kali menimbulkan kegagalan. Nah, kegagalan ini mendorong pembaca untuk mengomentari seperti "Kok, saya gak bisa ya," atau mungkin "saya sudah ikut cara di atas, tapi setelah itu keluar seperti .......,". Disitulah mulai tumbuhnya konsultasi antara blogger dan reader. Tapi, bukan berarti blogger membuat artikel yang pasti menimbulkan kegagalan artinya cara yang pasti gagal. Ingat ! artikel itu untuk manusia, bukan Google.

Selain post how to tadi, post dengan list juga bisa membuat pembaca mengomentari artikel sobat. Misalnya jika artikel tersebut berisi "5 situs terkenal dengan platform blogger". Nah, di akhir postingan kita memunculkan pertanyaan. Misalnya "Anda tau situs lain yang terkenal? Silahkan komen di bawah ini." Contoh komentarnya seperti "Blog saya blogger juga loh, silahkan di masukkan ke listnya mas..he..he..he"

Sekarang, sudah saatnya anda bertanya di setiap akhir post.. : )

Cara Ampuh : Dari Blogger Ke Blogger

Maksudnya adalah blogwalking. Silahturahmi antara blogger ke blogger. Di setiap kegiatan blogwalking, blogger sebaiknya menyisipkan komentar. Biasanya berisi anjuran untuk komentar balik di blognya sendiri. Salah satu contoh komentarnya seperti "Komentar balik ya ke http://blablabala.blogspot.com". Disini akan terjalin kerjasama antara blogger ke blogger. Begitu juga ketika ada blogger yang sedang blogwalking  ke blog sobat. Sebisa mungkin kita berkomentar balik ke blog tersebut.

Artikel Yang Di Tunggu Tunggu

Maksudnya adalah artikel yang sangat sulit di dapat oleh pembaca. Pembaca sudah mencari judul artikel di Google. Ada beberapa blog yang menyediakan artikel tersebut namun ternyata tidak cocok atau tidak bisa. Contoh jika artikel yang dicari tentang Cara rahasia mengetahui template blog/website lain. Banyak hasil yang terdapat di Google. Namun, semuanya tidak cocok atau tidak bisa. Maka, ketika pembaca menemukan artikel kita yang cocok dan bisa, mereka akan berkomentar di artikel tersebut. Contoh komentar biasanya seperti "Sudah 2 jam saya cari artikel yang seperti ini, namun akhirnya ketemu..thanks ya."

Komentar jenis ini termasuk sulit untuk didapat. Salah satu cara mendapatkannya yaitu dengan membuat artikel yang tidak ada di blog lain. Biasanya, artikel seperti itu harus artikel berupa ilmu baru.

Mempermudah Komentar

Mengaktifkan chaptcha memang salah satu cara terbaik dalam mengatasi spam dan bot. Namun, bagaimana jika yang ingin berkomentar itu adalah 100% manusia. Secara tidak langsung, kita telah mempersulit pembaca yang ingin berkomentar. Jadi, alangkah baiknya jika kita mematikan chaptcha. Jadi, pembaca bisa leluasa berkomentar tanpa merasa di"curigai".

Namun, bagaimana jika itu spammer? Saya sendiri membereskannya dengan manual atau mengaktifkan moderasi komentar. Selain itu, saya kadang kadang membiarkannya saja. Memang Google membenci spam. Namun, sebagai sesama blogger, kita juga harus toleransi kan?. Tapi, jika sudah terlalu banyak, sampai 5 link di 1 komentar. Langsung Hajar Aja.. ha..ha..ha 

Punya tips lain untuk dibagikan? Silahkan komentarnya di bawah ini..

*di atas ini contoh livenya ya..:D"

(gambar:DesignContest)

Baca Juga

Cara Memperbanyak Komentar di Blog
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

14 komentar

September 23, 2013 at 6:14 PM delete

sip bos
komen balik sob n jangan lupa follow back
http://ayoenkszahruel.blogspot.com

Reply
avatar
October 8, 2013 at 3:16 PM delete

mantap di artikelnya. ditunggu artikel selanjutnya sobat. http://adf.ly/X9BbV

Reply
avatar
March 26, 2014 at 9:18 PM delete

artikelnya mantap.

komen balik ya Gan. http://sembilanche19.blogspot.com

Reply
avatar
May 29, 2014 at 10:30 AM delete

Thanks infonya! Komen balik ya, http://Belajaringgrisonlinee.blogspot.com

Reply
avatar
August 10, 2014 at 7:31 PM delete

sangat bermanfaat terimakasih gan,
jangan lupa mampir di blog saya ya agan semua .. :D
http://www.neewbisnis.com

Reply
avatar
December 14, 2015 at 1:42 AM delete

Ok,mas saya akan coba..?

Komenbalik y mas
mulia-serviceac.blogspot.com

Reply
avatar
April 15, 2016 at 6:32 AM delete

Mantap mas, bermanfaat sekali untuk saya:)
mampir dan jangan lupa komen balik di http://www.etikaseorangmuslim.com/ ya mas :D

Reply
avatar
February 5, 2017 at 6:40 PM delete

Minta bantuannya dong buat tugas tlng komen blog akuu 😂

Reply
avatar
March 11, 2017 at 11:18 AM delete

mantap gan
kunjung balik ya
www.yukizawa.blogspot.co.id

Reply
avatar
JG
March 28, 2017 at 11:18 PM delete

komen blik bos nnti yang komen aku komen balik

www.gtaintelcores.tk

Reply
avatar
February 20, 2018 at 3:01 PM delete

https://gawegadget.blogspot.com/

Reply
avatar
February 20, 2018 at 3:02 PM delete

https://gawegadget.blogspot.com/

Reply
avatar
April 20, 2018 at 12:50 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar