Monday, February 18, 2013

Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan

Info ini saya dapatkan di salah satu forum indonesia. Untuk terjun langsung bisa ke link ini. Di thread tersebut di jelaskan bahwa dengan mengedit tanggal postingan maka permalink artikel tersebut bisa berubah dan akan terjadinya penurunan posisi artikel di SERP. Sebelumnya, permalink adalah link artikel. Sebagai contoh, bisa langsung lihat di bawah ini :
http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html 
Diatas adalah salah satu contoh permalink. Tepatnya permalink untuk artikel yang sedang sobat baca sekarang. Perhatikan tulisan yang berwarna merah, disitu tertulis jelas bahwa itu adalah bulan dan tahun terbitnya artikel. Seperti kasus dalam thread, TS ingin mengubah bulan di artikel yang lama agar blognya terlihat lebih fresh. Namun yang terjadi setelahnnya, adalah penurunan posisi artikel di SERP.

Setelah diubah bulan permalink artikel bisa menjadi
http://kupas-ampas.blogspot.com/2013/01/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html 

Bagaimana bisa turun?

Singkat saja, bagaimana kalau suatu blog diganti ganti templatenya? Maka sebagian pakar SEO akan menjawab turunnya SEO di mata google. Dalam kata lain, posisi SERP akan turun. Menurut saya, template blog seperti permalink untuk artikel. Jadi, apa yang terjadi jika permalink di ubah ubah? I think you got your own answer!

Efek lain setelah mengubah permalink, adalah errornya link link internal yang telah sobat pasang di artikel lain. Misalnya saja ada artikel B yang menautkan link internal ke artikel A dengan tanggal A1. Kemudian kita mengubah bulan artikel A dengan tanggal A2. Kemudian visitor artikel B ingin melihat link internal yang kita tanamkan yaitu artikel A dengan tanggal A1. Apa yang terjadi ketika link yang diklik tidak cocok padahal hanya karena beda bulan. Link tersebut error dan google tidak melihat itu sebagai internal link namun melihatnya sebagai broken link. Dan tahukah anda? Google tidak suka broken link!


Kesimpulan
Simple saja, jangan pernah merubah tanggal postingan.

Update: Dapat pencerahan dari forum link bersangkutan. Katanya itu hanya bug. Jadi permalink berubah karena waktu disave malah error.

Baca Juga

Jangan Pernah Edit Tanggal Postingan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

8 komentar

February 27, 2013 at 8:38 PM delete

Emang sangat berpengaruh banget itu gan. Nice post...

HCBN Indonesia

Reply
avatar
February 28, 2013 at 5:47 AM delete

baru tau kalo akibatnya bisa begini... aku jarang bahkan ga pernah sih edit ginian

Reply
avatar
March 8, 2013 at 5:27 PM delete

Sebelumnya saya ucapkan salam kenal dan mohon maaf kepada Anda (author kupas-ampas)..

Apakah hal ini pernah anda coba ulang? dalam artian anda buktikan sendiri?
Saya mengunjungi blog anda, khususnya pada halaman posting ini karena sebelumnya saya membaca pernyataan yang sama dari aldoseo (lihat disini http://aldoseo.blogspot.com/2013/02/jangan-pernah-edit-tanggal-postingan.html).

Silakan baca komentar saya disana. Selain saya mencoba atau menguji kebenaran isu tersebut, saya telah melakukan uji coba pada blog kelinci saya (http://zaezigzag.blogspot.com/2012/01/zaman-soeharto-akan-dikembalikan-nasrep.html).

Selain itu juga saya melakukan uji coba nekad sekaligus berniat memajukan posisi posting agar berada di urutan pertama halaman utama agar lebih mudah ditemukan pengunjung menggunakan blog utama saya. Lihat disini http://www.za-e.com/2012/01/cara-pengambilan-krs-secara-online-di.html, perhatikan dengan seksama pada posting tersebut.

Permalink (/2012/01/) menjelaskan bahwa posting tersebut dibuat sekaligus dipublikasikan pertama kali pada bulan Januari 2013. Kemudian perhatikan pada bagian bawah badan post di atas tombol share terdapat tanggal update secara otomatis (3/06/2013 yang menjelaskan bahwa posting tersebut telah dirubah tanggal penerbitannya menjadi 06 Maret 2013.

Jika isu tersebut benar, maka seharusnya permalink posting tersebut berubah menjadi /2013/03/.

Dan ketika saya menulis komentar ini, saya pun membaca link rujukan sumber informasi ini di forum yang anda rujukkan. TS berkomentar pada Threadnya, "Dapat pencerahan tadi via FB.. Jadi penyebabnya url berubah itu karena sempat erorr pas dipublish jadinya post masuk ke draft dan aku publish ulang. Alhasil permalinknya ikut berubah"..

Dengan begitu jelas permasalahannya, merubah tanggal penerbitan/ publish tidak akan merubah permalink..

Salam,, semoga blogger Indonesia semakin maju..

Reply
avatar
March 29, 2013 at 12:15 AM delete

maaf ya semuanya, thanks buat agan zaenal...

maklum, blogger newbie lagi kejar posting...

sekali lagi saya minta maaf karena tidak riset terlebih dahulu...

Reply
avatar
Anonymous
April 4, 2013 at 1:51 PM delete

wah malah ngga tau kalo tanggal posting itu bisa diubah

Reply
avatar
December 31, 2013 at 12:28 PM delete

Aku buktinya.. Sama persis seperti artikel diatas.. Dan gatau cara menormalkannya :(

Reply
avatar
December 31, 2013 at 12:30 PM delete

Tapi aku pake wordpress sih.. Udah lama blog yg blogspot gak dipake, lelet bgt soalnya..

Reply
avatar
February 17, 2016 at 2:34 AM delete

Setuju ane sama kang zaenal abidin
selagi permalink masih sama mau di ubah di bulan kapanpun its oke kok
ane udah ngelola blog travel yang setiap bulan selalu posting open trip bulanan
biasanya saya posting opentrip bulan ini pada bulan sebelumnya (siapa cepat ia di atas) :D dan kadang sering saya ajukan tanggalnya dan masih aman aman saja kok :) dari pengalaman pribadi saya

mungkin bener kata kang zaenal pas di edit mau rubah tanggal eror terus masuk draft dan ketika di publish masukkan ke bulan tersebut (permalink jadi berubah) CMIWW

Reply
avatar