Sunday, June 3, 2012

Pengertian dan Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Sekarang banyak sekali blogger yang sedang dalam usaha mencari membentuk kredibilitas (kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan) dan otoritas blog baik dimata pengunjung maupun SE. Salah satu tujuannya adalah Google Sitelinks. Berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari costum domain atau baik gratis maupun berbayar hingga lomba update artikel sebanyak banyaknya dalam 1 hari. Kali ini saya akan membahas tentang Google Sitelinks. Meskipun saya masih di perjalan ke sana, saya akan coba bagikan beberapa tips dan trik yang sobat bisa gunakan. Sebelumnya sobat harus tau apa itu Google SiteLinks.

Apa Itu Google Sitelinks??

Sitelink adalah sekumpulan link yang muncul di hasil pencarian Google (SERP) di bawah link atau situs tertentu. Bingung?? Berikut penjelasan lebih mudahnya..
  1. Hasil pencarian (situs tertentu)
  2. Sitelink.
Jumlah sitelink tergantung dan (bisa) berbeda beda. Ada yang 1, 2, 3 dan seterusnya. Namun jumlah sitelink maksimal 6.

Apa Fungsi Sitelinks??

Fungsi sitelink dibedakan menjadi 2:
Untuk admin blog/web.
Sitelink sangat berguna admin blog atau website tersebut. Sitelink menandakan kredibilitas atau kualitas sebuah blog. Selain itu, Sitelink bisa menjadi alat tambahan trafik blog. 

Untuk Pembaca.
Simak ulasan Google berikut ini.
The links shown below some of Google's search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they're looking for.
Bunyinya kira kira seperti ini..
Sekumpulan link yang berada di bawah hasil pencarian Google, dinamakan Sitelinks, dimaksudkan untuk membantu pengguna dalam menjelajah (navigasi) situs anda. Sistem kami menganalisa struktur link dari situs anda untuk menemukan shortcut(jalan pintas) yang akan menghemat waktu si pengguna (tidak membuang waktu si pengguna) dan menjadikan mereka secara cepat dapat menemukan informasi yang mereka cari.
Jadi, intinya, Google Sitelink ditujukan agar membantu si pengguna dan menghemat waktu mereka.

Ada Lain Yang Harus Saya Ketahui??

Simak ulasan Google di bawah ini.
We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. 
At the moment, sitelinks are automated. We're always working to improve our sitelinks algorithms, and we may incorporate webmaster input in the future.  
Terjemahan amatirnya kira kira seperti ini.
Kami hanya menampilkan sitelink untuk hasil pencarian dimana kami pikir mereka (sitelink) berguna bagi si pencari. Jika struktur dari situs anda tiidak sesuai dari algoritma kami dalam mencari sitelink yang bagus, atau menurut kami sitelink dari situs anda tidak relevan (sesuai) dengan  dengan query si pengguna, kami tidak akan menampilkannya.
Saat ini sitelink adalah otomatis. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan algoritma sitelink kami ,  dan mungkin kami akan memasukkan saran (masukan) webmaster kedepannya.
Meskipun artinya dibalik sedikit biar mudah, masih ngerti kan??
Jadi sitelink adalah sekumpulan link yang Google anggap itu berguna untuk si pencari. Satu yang harus sobat tau, Sitelink itu otomatis. Artinya Google akan memberikannya otomatis jika memang menurut mereka pantas.

Bagaimana Cara Mendapatkannya??

Beragam dan bermacam cara bisa sobat coba untuk mendapatkan Google Sitelink.

1. Anchor Text. Anchor Text atau text berlink bisa jadi hal paling mudah yang bisa sobat lakukan. Pastikan link sobat tersebut relevan.
2. Alt Tag dan Duplikasi. Google sangat menyarankan alt tag sobat sangat informatif dan padat. Selain itu, pastikan blog sobat tidak terdapat pengulangan kata. Simak pernyataan mereka berikut ini .
For example, for your site's internal links, make sure you use anchor text and alt text that's informative, compact, and avoids repetition.




3. Konten. Google sitelink tidak harus selalu halaman. Sitelink bisa berupa archive jika memang tidak dinonaktifkan. Selain itu, konten berupa posting bisa juga menjadi sitelink. Biasanya konten konten atau posting yang sering dibaca pengunjung. Oleh sebab itu, sobat sebaiknya menulis konten original. Usahakan juga sobat punya posting andalan. Artinya posting yang bisa berupa fresh, atau posting yang banyak di cari pengunjung. Bisa dicoba dengan penjelasan yang detail.

4. Navigasi. Segala bentuk link yang menjadi navigasi maupun lainnya haruslah jelas dan tertata dengan baik sehingga memudahkan pengunjung dan "memudahkan" Google buat Sitelink untuk blog kita.

5. Meta tag. Meta tag yang relevan semakin meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan sitelink. Gunakan keyword yang paling dioptimasi paling pertama pada meta tag keyword. Selain itu meta tag description juga harus relevan.

6. Keyword. Terus optimasi keyword sobat, kebanyakan sitelink adalah keyword dari blog atau website tersebut.

7. SERP. Tingkatkan terus hasil SERP blog sobat, dengan konten original dan fresh ataupun dengan kiat kiat optimasi SERP lainnya.

8. Terus bersabar sampai akhirnya dapat sitelink..

Itulah beberapa cara untuk bisa mendapatkan sitelink.


Your Goal is How much time do you have.

Baca Juga

Pengertian dan Cara Mendapatkan Google Sitelinks
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

11 komentar

June 24, 2012 at 11:34 AM delete

wah.. artikel yang bermanfaat :D
Disini templatenya simple & Artikelnya juga Berkualitas :D
kalau diberi umur panjang aku akan datang lagi kesini :)



#Semoga Rezekinya Lancar :D

Reply
avatar
June 24, 2012 at 6:44 PM delete

@Darmawan SaputraTerimakasih atas review dan kunjungannya....Klo template, bisa langsung ke credit link aja..Untuk doanya..Amin.

Reply
avatar
July 15, 2012 at 10:53 PM delete

kapan ya blog ane dapet site link, hehe :D
kalo agan mau tukar link visit http://www.madhi.web.id/2012/07/tukar-link-link-exchange.html

Reply
avatar
Anonymous
August 11, 2012 at 5:23 PM delete

hehehe bersabar ya,.... siap

Reply
avatar
Anonymous
September 23, 2012 at 5:41 PM delete

artikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...


#Salam Sehat Selalu

oh iya sob, jangan lupa follow balik ya :)

Reply
avatar
November 2, 2012 at 12:07 PM delete

Alhamdulillah udah dapat sitelink nih, hehe

Reply
avatar
February 28, 2013 at 5:44 AM delete

aku pengen punya sitelink, tapi tidak terlalu ngoyo biar dapet sih

Reply
avatar
Anonymous
July 11, 2013 at 4:28 PM delete

Alhamdulillah, blog saya udah dapat sitelink Boss, 6 lagi.. hehehe, biar kata blom ada PRnya.. salam kenal ya Boss..

Reply
avatar
Anonymous
June 5, 2014 at 8:31 AM delete

punyaku kok sitelinknya bukan seperti yang dipasang di webmaster :(

Reply
avatar
June 5, 2014 at 8:51 PM delete

wahh baru ngerti skrng pengertian sitelinks,,,trnyata itu otomatis dari google ya, kirain bisa dibuat sendiri :D
makasih artikelnya, lumayan mencerahkan :)

Reply
avatar