Wednesday, June 27, 2012

Trik Super Mengetahui Artikel yang Sudah Diindeks Google ( Sekaligus )


Sesaat setelah menulis artikel, sobat kebanyakan pasti langsung mem-ping artikel tersebut untuk di daftarkan ke berbagai Search Engine sekaligus, seperti Google,  Yahoo, dan Bing. Setelah itu sobat pasti langsung mengecek apakah posting tadi sudah terindex atau belum dengan cara memuat URL artikel ke kotak pencarian Search Engine. Hal ini sah sah saja bila sobat mengecek (hanya) 1 atau 2 postingan. Tapi, bagaimana bila sobat mengecek puluhan postingan? Sobat tentu tak ingin mencarinya satu persatu ke google maupun yahoo. 


Nah, kini saatnya Revolusi. Dengan cara ini sobat langsung bisa mengecek JUMLAH postingan yang sudah terindeks, dengan begitu sobat tahu postingan mana saja yang harus ditingkatkan agar Google mau mengindeks artikel dari blog sobat. Tidak masalah jumlah postingan, sobat bisa mengecek 100-200 artikel atau bahkan lebih yang sudah ter-publish dalam 1 hari atau lebih.

Berikut langkah langkah atau cara cara mengecek artikel yang sudah diindeks oleh Google.

#1 Masuk ke url sini.

#2 Ganti site:kupas-ampas.blogspot.com menjadi site:url blog sobat.blogspot.com

#3 Ubah rentang waktu artikel(jika diperlukan). Misalnya sobat ingin melihat jumlah artikel terindeks yang terpublish dalam 24 jam terakhir, maka ganti menjadi 24 jam.

Dengan cara ini sobat bisa menghemat waktu ketimbang satu persatu mengecek artikel yang sudah dipublish. Langsung hitung dan lihat artikel yang belum terindeks, kalau belum di ping, langsung ping saja artikel yang belum terindeks. Itulah trik jitu untuk melihat artikel yang sudah di indeks. Satu lagi, rentang waktu di atas adalah berdasarkan indeks google, jadi bisa saja sobat menulisnya berbulan bulan yang lalu, namun masuk dalan "24 jam terakhir". Tapi, hal ini saya jarang temukan, biasanya tak berapa lama, artikel sudah langsung diindeks, apalagi jika sobat memakai blogspot.
Update
Karena banyak yang gagal, maka saya harus buat update ini. 
Pertama, cara di atas menggunakan rentang waktu yaitu 24 jam terakhir. Jadi sobat harus cek sesaat setelah update posting misalnya sobat menulis posting "A" dan dipublish tepat kemarin malam jam 8. Saya asumsikan di sini, sobat punya dan update posting lain yang berjudul "B" yang dipublish kemarinnya tepat jam 7 malam. Kemudian saya asumsikan sobat melakukan cek dengan cara di atas hari ini tepat pukul 7 malam. Maka posting yang akan muncul adalah "A". Kenapa??Karena tadi saya sudah mengatakan bahwa hasil SERP menggunakan rentang waktu. Jadi hasil disini adalah hasil pencarian Google terhadap artikel, page dan lain lain yang sobat update dan diindeks google dalam 24 jam terakhir terhitung saat sobat melakukan Search. 

Kedua, Misalnya sobat tidak mau hasil pencarian adalah hasil update yang terindeks Google dalam 24 jam terakhir, sobat bisa mengubah waktunya. Misalnya past week, maka hasilnya adalah apa apa saja yang sudah diindeks google dalam 1 minggu belakangan. Pilihan rentang waktu bisa dilihat di sebelah kiri hasil pencarian. Atau jika ingin mencoba sendiri, masuk ke Google Advanced Search, modifikasi pengaturannya kemudian tekan search. 

Ketiga, ini cara terakhir, tidak ada waktu dan hyperlink lagi. Sobat langsung ke google, lalu ketikkan "site:url blog.blogspot.com" (tanpa tanda kutip). Misalnya saya punya blog urlnya adalah "spasi123.blogspot.com" maka saya ketik "site:spasi123.blogspot.com" (tanpa tanda kutip) lalu saya tekan Enter. Di hasilnya akan keluar seluruh hal perihal yang sudah diindeks google dari isi blog, page, halaman archive dll dari pertama blog sobat lahir sampai saat sobat melakukan pencarian.

Jika ada yang menemui kesulitan, silahkan tanyakan di kotak komentar. Sertakan link Screensshotnya demi kemudahan kita bersama. Terima Kasih.

Have fun with your Trick..

Baca Juga

Trik Super Mengetahui Artikel yang Sudah Diindeks Google ( Sekaligus )
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

7 komentar

Anonymous
June 29, 2012 at 2:56 PM delete

udah ane coba tapi tipsnya gagal gan...
oia sengaja blogwalking ke sini mau ngucapin selamat atas terpilihnya blog TIPS TRIK BLOGSPOT DAN SEO oleh maskolis..
semoga makin sukses

Reply
avatar
June 29, 2012 at 5:20 PM delete

@caragampang.com Trik di atas untuk tahu artikel yang diindek google dalam 24 jam terakhir, jadi misalnya agan gak update dalam 24 jam terakhir itu, hasil index pun gak ada. Pengaturan waktunya bisa di atur. Kalau mau lihat SEMUA (artikel, halaman statis, halaman archive dll) yang udah diindeks tinggal ubah waktunya menjadi Any time..
Makasih gan atas selamatnya..
Sekalian selamat buat agan juga udah terpilih, btw, hasil modif agan emang kerenn....:)

Terima kasih udah berkunjung..

Reply
avatar
June 29, 2012 at 6:09 PM delete

ane juga mw numpang lapak..
www.kang-azmie.com

Reply
avatar
July 3, 2012 at 11:26 AM delete

kok ling gagal

http://www.darmian-syah.blogspot.com/

Reply
avatar
July 3, 2012 at 8:12 PM delete

@Darmian SyahGini gan, agan harus update blog dalam 24 jam terakhir karena di sini saya terapkan rentang waktu 24 jam.
Jadi, misalnya agan update hari ini (tanggal 3) pukul 8 malem,maka kalau besoknya(tanggal 4)dan agan cari pake cara diatas pukul 9 malemnya, maka gak ada hasil, untuk ada hasilnya agan harus update lagi setelah pukul 8 tanggal 4 nya. Bila agan mau lihat posting yang diindex dari minggu yang lalu sampai saat ini, maka agan harus ubah waktunya menjadi pass week (lihat di sebelah kiri hasil pencarian).
Disitu ada banyak pilihan waktunya..

Jika agan posting mana saja yang undah diindeks dari pertama blog agan lahir sampe sekarang, mudahnya tinggal ketik "site:darmian-syah.blogspot.com"(tanpa tanda kutip)Kalau pake cara diatas jangan lupa linknya di ganti..


Kalau masih ada masalah, tolong masalahnya gimana, misalnya hasil gak ada, atau sertakan screenshootnya...

Reply
avatar
August 14, 2012 at 8:51 PM delete

keren gan di tunggu kunjungan balik nya
www.my-computers86.co.cc

Reply
avatar
Anonymous
November 20, 2012 at 4:18 PM delete

Bisa dibilang, Google ga langsung mengindeks secara cepat artikel yang diposting, ya?

Reply
avatar